PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIS DI SMA
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi Autoplay Media Studio . Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan validitas media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio, (2) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio, (3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 9 Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar validasi media, lembar keterlaksanaan aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan, (1) media ajar yang dinyatakan valid, (2) kepraktisan media ajar adalah terlaksana dengan sangat baik, dan (3) efektivitas media ajar dinyatakan efektif. Simpulan penelitian adalah bahwa media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfan, M., Edy S. (2015). Perbandingan Media Pembelajaran (Autoplay Media Studio) Sebagai alat Bantu Pembelajaran Memperbaiki CD Player Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 04 No 01 Hal 39-47.
Arifah, P. A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Sudut Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hake, R, R. (1998). Analyzing Change/Gain Score. Departement of Physics Indiana University
Irianto, Y B. (2012). Kebijakan Pembaruan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A S. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutarman. (2005). Membuat CD Interaktif & CD Autorun dengan Autoplay Media Studio. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wijaya, I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 04 No 03 Hal 957-963.
Yazid, A. (2011). Kevalidan, Kepraktisan, dan Efek Potensial Suatu Bahan Ajar. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.http://aisyahyazid.blogspot.com/2011/12/kevalidankepraktisan-dan-efek-html
Peraturan pemerintah (PP) No. 19 tentang standar pendidikan nasional. Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas)
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i1.925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |