Profile of Student Ability in Solving Critical Problems in the Concept of Human Physiology
Abstract
Learning human physiology is a study that we often encounter in everyday life related to the condition of the body, at any time it can experience problems or abnormalities that result in a decrease in the condition of human health itself. In addition, along with the development of science and technology, more and more problems are encountered in learning human physiology, so that the ability to think is needed in solving existing problems. This study aims to describe the profile of students' abilities in solving critical problems on the concept of human physiology. The study used a descriptive method with a qualitative approach. The data collection instruments in this study included the main instrument, namely the researcher himself and the supporting instrument in the form of a written assignment to describe the profile of students who had programmed human physiology courses. Students are categorized based on a hypothetical theory which contains five levels of critical thinking skills, namely very critical, critical, moderately critical, less critical, and not critical. The results showed that the ability profile of several students of the Biology Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University in solving critical problems on the concept of human physiology. Consists of four levels of critical thinking skills, namely very critical, critical, moderately critical, and less critical.
Abstrak
Pembelajaran fisiologi manusia merupakan kajian yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kondisi tubuh, sewaktu-waktu dapat mengalami permasalahan atau kelainan yang berakibat pada menurunnya kondisi kesehatan manusia itu sendiri. Selain itu, seiring dengan perkembangan IPTEK maka semakin banyak pula permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran fisiologi manusia, sehingga diperlukan kemampuan berpikir dalam penyelesaian masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan mahasiswa dalam penyelesaian masalah secara kritis pada konsep fisiologi manusia. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa tugas tertulis untuk mendeskripsikan profil mahasiswa yang telah memprogramkan mata kulah fisiologi manusia. Mahasiswa dikategorikan berdasarkan teori hipotetik yangberisi lima tingkatan kemampuan berpikir kritis, yaitu sangat kritis, kritis, cukup kritis, kurang kritis, dan tidak kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkuratdalam penyelesaian masalah secara kritis pada konsep fisiologi manusia. Terdiri dari empat tingkatan kemampuan berpikir kritis yaitu sangat kritis, kritis, cukup kritis, dan kurang kritis.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharmono, D., Mahrudin, M., and Maulana, K.R., (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 105-110.
Fithriyah, I., Sa’dijah, C., &Sisworo.(2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D Smpn 17 Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Irwandi, I. & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.
Kirana, I. E., & Kusairi, S. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dalam Kasus Grafik Kinematika Satu Dimensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 363-368.
Ruhena, R., Arifin, Y.A., & Putra, A.P. (2019). Perkembangan Moral Siswa SMP tentang Permasalahan Pertanian Pasang Surut Di Kabupaten Banjar Melalui Penyelesaian Masalah. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(1), 15-24.
Santi, N., Soendjoto, M.A., and Winarti, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Penyelesaian Masalah Lingkungan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (1), 35-39.
Santoso, F.G.I. (2014). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Analisis Melalui Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandala.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, 3(2), 40-58.
Zubaidah, S., Chairuddin, & Chasanah, U. (2006). Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang. Malang: Lemlit UM.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i3.10590
Article Metrics
Abstract view : 227 timesPDF - 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |