Bird diversity in the coastal forest area of Tabanio developed to popular scientific book for students' critical thinking ability: The practicality test
Abstract
The main problem experienced by educators is the lack of innovation in teaching materials that can facilitate students and increase learning motivation in understanding a material so that it is necessary to develop innovative teaching materials, one of which is popular scientific books (BIP). This development research went through several tests such as the practicality of BIP bird species diversity in the Tabanio coastal forest area so that BIP development was obtained which could train students' critical thinking skills. The development stages include self-evaluation, expert test, individual test, small group test, field test. However, this research is limited to practicality tests only. The types of data are descriptive data, using readability instruments, BIP implementation and student responses are used for practicality of content, practicality of expectations and actual. The results showed that the Popular Scientific Book on the Diversity of Bird Species that had been developed was stated to be very practical based on the BIP individual test which was stated to be very good with an average of 83.59%. The Popular Scientific Book on Bird Species Diversity that has been developed is declared practical because the results of student responses with an average score of 92.30% with very good criteria, results of BIP implementation on average 83.33% with criteria strongly agree. Based on this, the developed BIP is very practical to use and makes it easier for students to learn.
Abstrak
Permasalahan utama yang dialami oleh pendidik yaitu kurangnya inovasi bahan ajar yang dapat memudahkan mahasiswa dan menambah motivasi belajar dalam memahami suatu materi sehingga perlu adanya pengembangan sutau bahan ajar yang inovatif salah satunya yaitu buku ilmiah populer (BIP). Penelitian pengembangan ini didapatkan melalui beberapa uji seperti kepraktisan BIP keanekaragaman jenis burung di kawasan hutan pantai Tabanio sehingga didapatkan pengembangan BIP yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Akan tetapi, penelitian ini dibatasi hanya uji kepraktisan. Jenis data yaitu data deskriptif, menggunakan instrument instrumen keterbacaan, keterlaksanaan BIP dan respon mahasiswa digunakan untuk kepraktisan isi, kepraktisan harapan dan aktual. Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer Keanekaragaman Jenis Burung yang telah dikembangkan dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji perorangan BIP ini dinyatakan sangat baik dengan rata-rata 83,59%. Buku Ilmiah Populer Keanekaragaman Jenis Burung yang telah dikembangkan dinyatakan praktis karena hasil respon mahasiswa dengan rata-rata nilai 92,30% dengan kriteria sangat baik, hasil keterlaksanaan BIP rata-rata 83,33% dengan kriteria sangat setuju. Berdasarkan hal tersebut BIP yang dikembangkan sangat praktis digunakan dan memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D.N., (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.
Astuti, Y., Zaini, M., & Putra, A. P. (2021). Development of popular scientific book on the type of Shrimp in coastal waters of Tabanio for enhancing critical thinking skills of senior high school students. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 44-52.
Cahyani, N. I., & Azizah, U. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 320-326.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 16-22.
Dharmono, D., Mahrudin, M., & Riefani, M. K. (2019). Kepraktisan handout struktur populasi tumbuhan rawa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 105-110.
Fahmi, F., Arifin, Y. F., & Dharmono, D. (2019, December). Pengembangan bahan ajar pengayaan konsep keanekaragaman hayati SMP kelas VII berbasis penelitian keanekaragaman jenis Mollusca di perairan Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah LPPM Universitas Lambung Mangkurat. (Vol 4, No. 3, pp. 509-515).
Fajrin, A. Dharmono, & Zaini, M. (2020) The practicality of popular ethnobotany scientific books on mangrove plants genus Avicennia, Tabanio Village. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 230-238.
Fitriansyah, M., Arifin, Y. D., & Biyadmoko, D. (2018). Validitas buku ilmiah populer tentang Ecinodermata di Pulau Sembilan Kotabaru untuk siswa SMA di kawasan pesisir. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 31-39.
Hervianto, C. P. (2020). Pengembangan buku ajar dengan pendekatan Brain-Based Learning disertai permainan ular tangga dan question card pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA di SMP. (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember).
Hikmah, N., & Dharmono, D. (2018, October). Keanekaragaman spesies famili Poaceae di hutan pantai Tabanio, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, LPPM Universitas Lambung Mangkurat. (Vol. 3, No. 4, pp. 120-129).
Irwandi, I., Winarti, A. & Zaini, M. (2019, December). Kepraktisan buku ilmiah populer tentang penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, LPPM Universitas Lambung Mangkurat. (Vol. 4, No. 3, pp. 548-554)
Latifah, N., Dharmono, D., & Zaini, M. (2018). Pengembangan buku ilmiah populer keanekaragaman famili Anacardiaceae dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. (Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin).
Mahanal, S., Tendrita, M., Ramadhan, F., Ismirawati, N., & Zubaidah, S. (2018). The analysis of students' critical thinking skills on biology subject. Anatolian Journal of Education, 2(2) 56-68.
Nugroho, B. A., (2018) Pengembangan aplikasi android untuk pembelajaran mata kuliah zoologi invertebrata subkonsep gastropoda terhadap kemampuan berfikir kreatif. (Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin).
Putri, A. I., Dharmono, D., & Zaini, M. (2020). Validitas buku ilmiah populer keanekaragaman spesies family Fabaceae dalam melatih keterampilan proses sains mahasiswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 186-195.
Ramadhan, F., Soendjoto, M. A., & Dharmono, D. (2020). Practicality of the pocketbook “Keanekaragaman Lepidoptera di Hutan Mangrof”. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 71-75.
Schirrmacher, A. (2009). Communicating science in 20th Century Europe, a survey on research and comparative perspectives. Max-Planck-Institut fur Wissenschaftsgeschichte: Max Planck Institute for the History of Science.
Surahman, E. & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 120-124.
Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations. London: KoganPage.
Yunizarrakha, M. E. (2018) Pengembangan bahan ajar tentang jenis-jenis reptil (Ordo Squamata dan Chelonia) terhadap kemampuan berpikir kritis. (Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i1.12213
Article Metrics
Abstract view : 351 timesPDF - 199 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |