The ability of critical thinking and problem solving prospective biology teacher to solve biological Olympiad questions

Eka Trisianawati, Tesa Manisa

Abstract


It takes careful preparation to answer questions with a high difficulty level regarding the trainers' readiness and the student's readiness in the Biology Olympiad Coaching elective course. Critical thinking skills and problem-solving are needed in solving these Olympiad questions. This study aims to analyse biology teacher candidates' critical thinking skills and problem-solving in solving biology Olympiad questions. This study used a quasi-experimental method using the Reading, Questioning, and Answering (RQA) learning model. The dependent variable to be measured is the ability to think critically and solve problems for prospective Biology teacher students. This research was carried out in the even semester of the 2021/2022 academic year in two classes in the Biology Olympiad Development course at IKIP PGRI Pontianak. The research sample was taken in a saturated manner. Before being given to students, all questions were validated by experts and then continued with the research implementation to obtain data. The normality and homogeneity of research data were then tested. Finally, the research hypothesis was tested using one-way ANCOVA. The study results show that the RQA learning model can empower critical thinking skills and solve problems for prospective teacher students. The RQA learning model can be an effective solution to deal with the advancement of 21st century education.

Abstrak

Dibutuh persiapan yang matang untuk menjawab soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi, baik dari segi kesiapan pelatih maupun kesiapan siswanya pada mata kuliah pilihan Pembinaan Olimpiade Biologi. Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah diperlukan dalam penyelesaian soal olimpiade ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa calon guru biologi dalam menyelesaikan soal olimpiade biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen menggunakan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA). Variabel terikat yang akan diukur yakni kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahahsiswa calon guru Biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di dua kelas pada mata kuliah Pembinaan Olimpiade Biologi IKIP PGRI Pontianak. Sampel penelitian diambil secara jenuh. Sebelum diberikan kepada siswa, seluruh soal telah divalidasi oleh ahli kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian hingga didapatlah data penelitian. Data penelitian kemudian diuji normalitas dan homogenitasnya dan yang terakhir diuji hipotesis penelitian menggunakan one way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan jika model pembelajaran RQA dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah mahasiswa calon guru. Model pembelajaran RQA dapat menjadi salah satu solusi yang efektif untuk menghadapi kemajuan pendidikan abad 21.


Keywords


Critically thinking; Problem solving; Prospective biology teacher; Biology olympiad

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. (2011). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Y., Zaini, M., & Putra, A. P. (2021). Development of popular scientific book on the type of shrimp in coastal waters of tabanio for enhancing critical thinking skills of senior high school students. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 44-52. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i1.9555

Bahri, A. (2016). Strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada perkuliahan fisiologi hewan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. BIONATURE" Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi", 17(2), 106-113. DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v17i2.2840

Bustami, Y., & Corebima, A.D. (2017). The effect of JiRQA learning strategy on critical thinking skills of multiethnic students in higher education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3), 13-22. DOI: https://doi.org/10.20431/2349-0381.0403003

Cahyani, H. & Setyawati, R.W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In Proceeding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635

Darmayanti, V. (2015). Profil penguasaan pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering) oleh guru IPA SMP di Jember. In Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya (Vol. 4), Universitas Negeri Malang, Malang.

Endang, P. R., Pratiwi, R. H., & Sari, T. A. (2021). Analisis pemecahan masalah biologi berdasarkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa SMA Kelas XI IPA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 149-156. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.10132

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226. DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills. UK: Sage Publications Ltd. URL: https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/book/assessing-21st-century-skills#preview

Ismiati, I. (2020). Pembelajaran biologi SMA abad ke-21 berbasis potensi lokal: Review potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 234-247. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218

Lashari, D. A., Lisa, Y., & Julung, H. (2017). Pengaruh model reading questioning answering (RQA) terhadap pengetahuan metakogitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 27-33. DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.222

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Maulida, A., & Mayasari, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran reading, questioning and answering (RQA) terhadap hasil belajar siswa tentang sistem koordinasi pada manusia kelas XI SMA PGRI di Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(3), 99-106. URL: https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/JPH/article/view/867

Mayasari, N. (2014). Peningkatan keterampilan berbicara pada mata kuliah belajar dan pembelajaran dengan metode debat plus dalam proses pembelajaran matematika pada mahasiswa tingkat 2 semester III di IKIP PGRI Bojonegoro tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Magistra, 26(88), 17-26. URL: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/253204

Muharromah, M. M. K. (2020). Analisis butir soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial MTs Darul Muna Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). URL: http://etheses.iainponorogo.ac.id/9517/1/SKRIPSI_211416007_Muhammad%20Miftah%20Khoirul%20M.pdf.

Nugraha, G. A., Baidi, B., & Bakri, S. (2021). Transformasi manajemen fasilitas pendidikan pada era disrupsi teknologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 860-868. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2621

Nurinda, S., Rudyatmi, E., & Ridlo, S. (2014). analisis butir soal olimpiade biologi SMA tingkat Kabupaten/Kota tahun 2013. Unnes Journal of Biology Education, 3(1), 77-84. DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v3i1.4161

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490

Putri, E. I., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis model pembelajaran reading, questioning, and answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Ruang-ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(3), 1-7. DOI: https://doi.org/10.24036/rrkjurnal.v2i3.116

Rahmah, A., Arifin, Y. F., & Putra, A. P. (2021). Profile of student ability in solving critical problems in the concept of human physiology. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 150-154. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i3.10590

Ridhana, A., Winarti, A., & Badruzsaufari, B. (2021). Effectivity of popular scientific book “Pteridophyta in Area Loksado” to improve students ‘critical thinking skills. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 6-11. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i1.9909

Setiawan, A., Ahla, S. S. U. F., & Husna, H. (2022). Konsep model inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Al Ghazali: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(1), 54-77. URL: https://jurnal.staialjami.ac.id/index.php/AL_GHAZALI/article/view/80

Setiawan, D. C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013, October). Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching (RT) dipadu pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap kemampuan metakognitif biologi siswa SMA Islam Al–Ma’arif Singosari Malang. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 10, No. 2), Pendidikan Biologi FKIP UNS, Surakarta. URL: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/3156/2196

Siregar, I. Y., Susilo, H., & Suwono, H. (2017). The effect of think-pair-share-write based on hybrid learning on metacognitive skills, creative thinking and cognitive learning at SMA negeri 3 Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(2), 183-193. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4217

Siringoringo, E., Yaumi, M. R., Santhalia, P. W., & Kusairi, S. (2018). Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 114-122. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23942

Sudin, S., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2018). Pengaruh model reading questioning answering terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i1.260

Suryawan, I. P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Pengayaan materi dan pelatihan penyelesaian soal-soal olimpiade matematika bagi siswa berbakat SD N 3 Sambangan. Widya Laksana, 6(2), 100-112. DOI: https://doi.org/10.23887/jwl.v6i2.10704

Susanti, D., Zaini, M., & Putra, A. P. (2022). The natural science practical guide developed based on critical thinking skills: Implementation test results. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 119-125. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i2.12412

Suyanto, E., Safitri, A., Kurnianingsih, N., & Fatchiyah, F. (2020). Pendampingan penguatan kompetensi guru dan siswa SMA melalui pengembangan inovasi sains dan kompetisi olimpiade biologi di Kabupaten Sampang, Madura. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 402-424. DOI: https://doi.org/10.52166/engagement.v4i2.288

Syarif, E. A., & Syamsurizal, S. (2019). Analyzed quality of senior high school biology olympiad questions at West Sumatera, Riau, Jambi, and Bengkulu in 2018. Bioeducation Journal, 3(2), 142-150. URL: http://bioeducation.ppj.unp.ac.id/index.php/bioedu/article/download/194/78

Ummiyati, U., Hasan, S., & Bahtiar, B. (2022). Pengaruh model pembelajaran reading questioning and answering (RQA) berbantuan aplikasi kipin school terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 5(1), 10-17. DOI: http://dx.doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4385

Warsita, B. (2017). Peran dan tantangan profesi pengembang teknologi pembelajaran pada pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77-90. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90

Widiantie, R. & Lismaya, L. (2017). Upaya meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dengan strategi ideal melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi kelenjar endokrin. Quagga, 9(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v9i01.515

Zubaidah, S. (2010, January). Berpikir kritis: Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa (Vol. 16, No. 1, pp. 1-14). URL: https://www.researchgate.net/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_Dapat_Dikembangkan_melalui_Pembelajaran_Sains

Zubaidah, S. (2019, October). Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi (pp. 1-19). FKIP Universitas Halu Oleo, Kendari. URL: https://www.researchgate.net/publication/336511419_Memberdayakan_Keterampilan_Abad_Ke-21_melalui_Pembelajaran_Berbasis_Proyek




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i1.15004

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License