The effectiveness of biology education research textbooks to train students' critical thinking skills
Abstract
The Biology Education Research (BER) course in the 6th semester of S1 Biology Education FKIP Lambung Mangkurat University, discusses research methodology which includes types of research, methods, variables, theoretical foundations, and hypotheses. However, textbooks that are in accordance with the Semester Learning Plan (LP) and can develop students' critical thinking skills are needed. Based on these problems, the textbook is prepared in accordance with the textbook components in general and develops textbooks based on the State of The Art (SOTA) concept, namely renewal in improving cognitive understanding and obtaining the results of critical thinking by containing exercises in the form of questions based on Bloom's taxonomy ranging from C3-C5. This study aims to produce textbooks on BER that are effective to use and can train students' critical thinking skills. This type of research uses the Education Design Research (EDR) model through the Tessmer Formative Test. Testing the effectiveness of the textbook on BER was carried out to a small group evaluation totaling five students and a field test totaling 25 students. The test uses instruments in the form of working on evaluation questions and college student activity sheets (CSAS). The results of the study based on the expected effectiveness test of the textbook developed with an average value of 69.20 increased to 81.70. While the actual effectiveness tests got an average value of 71.36 increasing to 85.36. Then the average N-gain value is 0.5 which is in the moderate category. These results prove that the BER textbook is effective in learning.
Abstrak. Mata kuliah Penelitian Pendidikan Biologi (P2BIO) pada semester 6 S1 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat, membahas metodologi penelitian yang meliputi jenis penelitian, metode, variabel, landasan teori, dan hipotesis. Namun, buku ajar yang sesuai dengan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa diperlukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, buku ajar tersebut disusun sesuai dengan komponen buku ajar pada umumnya dan mengembangkan buku ajar berdasarkan konsep State of The Art (SOTA) yaitu pembaharuan dalam meningkatkan pemahaman kognitif dan memperoleh hasil cara berpikir kritis dengan memuat latihan berupa pertanyaan-pertanyaan berdasarkan taksonomi bloom mulai dari C3–C5. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar tentang P2BIO yang efektif digunakan dan dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan model Education Design Research (EDR) melalui Uji Formatif Tessmer. Pengujian keefektifan buku ajar tentang P2BIO tersebut dilakukan kepada kelompok kecil (small group evaluation) berjumlah lima mahasiswa dan uji lapangan (field test) berjumlah 25 mahasiswa. Pengujian tersebut dengan menggunakan instrumen berupa pengerjaan soal evaluasi dan lembar kegiatan mahasiswa (LKM). Hasil penelitian berdasarkan uji keefektifan harapan terhadap buku ajar yang dikembangkan dengan nilai rata-rata 69,20 meningkat menjadi 81,70. Sedangkan uji keefektifan aktual mendapatkan nilai rata-rata 71,36 meningkat menjadi 85,36. Maka nila rata-rata N-gain sebesar 0,5 yang berada pada kategori sedang. Hasil ini membuktikan buku ajar BER tersebut efektif dilaksanakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53. DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Amaliah, N., Ningsih, F., Indriwati, S. E., & Gofur, A. (2020). Peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 7e berbasis lesson study. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 29-36. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/740
Annisa, I. S., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan bahan ajar klasifikasi materi terintegrasi matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 5(4), 1754-1765. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1019
Dharmono, D., & Riefani, M. K. (2019). Kepraktisan dan keefektifan handout populasi tumbuhan hutan pantai Tabanio sebagai materi pengayaan mata kuliah ekologi tumbuhan. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 11(1), 48-58. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v11i1.11154
Din, M. (2020). Evaluating university students’ critical thinking ability as reflected in their critical reading skill: A study at bachelor level in Pakistan. Thinking Skills and Creativity, 35, 100627. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100627
Facione, P. A. (1990). Critical thinking: A statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction. Executive summary “the delphi report.” California: California Academic Press.Retrieved from https://philarchive.org/archive/faccta
Ghufroni, G., Kurniawan, P. Y., Yono, R. R., & Hakim, M. W. A. (2020). Keefektifan penggunaan buku ajar mata kuliah apresiasi dan kajian drama berbasis kebudayaan Brebes. Jurnal Ilmiah Semantika, 2(1), 36-43. DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.262
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. American Educational Association’s Division D, Measurement and Research Methodology.
Hake, R. R. (2002, August). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. In Physics Education Research Conference (Vol. 8, No. 1, pp. 1-14). Retrieved from https://web.physics.indiana.edu/hake/PERC2002h-Hake.pdf
Hunaepi, H., Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo, R. (2020). Implementasi worksheet inkuiri terintegrasi kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 158-169. DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i1.2697
Irawan, N., Zaini, M., & Winarti, A. (2023). The effectiveness of student worksheets based on critical thinking skills in biology class XI high school odd semester. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 273-280. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i3.15393
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Khoir, H. M., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Kunandar, K. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian hasil belajar Peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
Listiara, A., Widodo, P. B., & Rusmawati, D. (2022). Pengaruh pelatihan keterampilan membuat inferensi pada pemahaman teks ekspositori. Jurnal EMPATI, 11(5), 344-350. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.0.36743
Lufthansa, L., Saputro, Y. D., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan buku ajar psikologi olahraga berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 214-223. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v16i2.34953
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2021). Educational design research: Portraying, conducting, and enhancing productive scholarship. Medical Education, 55(1), 82-92. DOI: https://doi.org/10.1111/medu.14280
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37-58. DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58
Nabila, A., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2023). Effectiveness of e-book “Ethno-ecology study of Magnoliopsida in Desa Kiram” to train students’ critical thinking skills. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 321-327. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i3.16584
Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 51-60. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/47
Piper, B., Zuilkowski, S. S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. J. (2018). Identifying the essential ingredients to literacy and numeracy improvement: Teacher professional development and coaching, student textbooks, and structured teachers’ guides. World Development, 106, 324-336. DOI: https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.01.018
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Dalam T. Plomp & N. Nieveen (Penyunting), Educational design research (hlm. 10-51). Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Purwanti, A., Hujjatusnaini, N., Septiana, N., Amin, A. M., & Jasiah, J. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui model blended-project based learning terintegrasi keterampilan abad 21 berdasarkan students skill level. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 236-246. Retrieved from https://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/25705
Qondias, D., & Winarta, I. K. A. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145-148. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393
Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari adversity quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121-136. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668
Rahmawati, K. M., Prastowo, S. H. B., & Bektiarso, S. (2019). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis scientific approach untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi medan magnet di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 80-86. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11663
Salim, S., & Saputra, H. N. (2019). Pengembangan buku ajar berbasis keterampilan berpikir kritis. SEJ (Science Education Journal), 3(2), 83-92. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2661
Samitra, D., & Kristiawan, M. (2021). Keterampilan proses sains dan sikap ilmiah calon guru biologi pada mata kuliah zoologi invertebrata. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 363-371. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.3005
Sari, S. M., Fauzi, C., Yus, A., Gultom, I., & Lubis, M. S. A. (2020). Society 5.0: HOTS learning of sota (state of the art). Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11-22. DOI: https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2847
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z's critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students' learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873-892. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1304598
Syugiyanto, A. (2021). Analisis kemampuan keterampilan generik sains pada mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(2), 247-252. DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i2.742
Taufik, T., Imansyah, M. N., & Yulianti, E. (2021). Efektivitas penggunaan buku ajar sastra lisan Suku Mbojo berorientasi pada model CIRC untuk matakuliah apresiasi sastra. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 41-45. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.104
Vaan Laar, E., Van Deursen, A. J., Van Dijk, J. A., & de Haan, J. (2020). Determinants of 21st-century skills and 21st-century digital skills for workers: A systematic literature review. Sage Open, 10(1), 2158244019900176. DOI: https://doi.org/10.1177/2158244019900176
Wahyudi, A. (2020). Profil keterampilan berpikir kritis dan kreatif calon guru kimia pada perkuliahan biokimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 99-110. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6612
Wahyuni, T., Komarudin, K., & Anggoro, B. S. (2019). Pemahaman konsep matematis melalui model WEE dengan strategi QSH ditinjau dari self regulation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 65-72. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1724
Wale, B. D., & Bishaw, K. S. (2020). Effects of using inquiry-based learning on EFL students’ critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5, 1-14. DOI: https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2
Zega, I. S., & Darmana, A. (2019). Implementasi bahan ajar hidrolisis garam terintegrasi nilai-nilai Islami dengan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 1(2), 64-73. DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.15477
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v6i1.16416
Article Metrics
Abstract view : 315 timesPDF - 175 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |