Development of the popular scientific book of Nepenthes diversity in Tanta District forest areas, Tabalong Regency: Validity and Practicality
Abstract
Developing teaching materials based on local potential is necessary for introducing objects in the surrounding environment to support student learning. This is expected to broaden the insights and knowledge of students so that they become more familiar with and know the object of the material being taught. Wetlands are the dominant area in the South Kalimantan region and can be one of the learning resources in producing a product that can support learning at all levels of education; this can be in the form of local potential-based teaching materials, one of which is a popular scientific book. This study aims to describe the validity and practicality of popular scientific books based on the results of research on the Diversity of Semar Pockets (Nepenthes) Forest Areas in Tanta District, Tabalong Regency ". The validity and practicality tests were carried out at the Preliminary field testing stage used in the Borg and Gall model development research at the validity test stage involving two validators, while the practicality test involved 30 students who had passed the Phanerogamae course. The results showed that the Popular Scientific Book "Diversity of Semar Bag Species (Nepenthes) in the Forest Area of Tanta District, Tabalong Regency," obtained a very valid and very practical category. The results of this study indicate that the popular scientific book prepared can be used further to test its effectiveness on the learning process and outcomes.
Abstrak. Pengembangan bahan ajar yang berbasis potensi lokal sangat perlu dalam memperkenalkan objek yang ada di lingkungan sekitar dalam menunjang pembelajaran peserta didik. Hal ini diharapkan memperluas wawasan dan pengetahuan peserta didik lebih mengenal dan mengetahui akan objek materi yang dibelajarkan. Lahan basah merupakan kawasan yang dominan di wilayah Kalimantan Selatan, dapat menjadi salah satu sumber belajar dalam menghasilkan suatu produk yang dapat mendukung pembelajaran di semua tingkat pendidikan, hal ini dapat berupa bahan ajar berbasis potensi lokal salah satunya yaitu buku ilmiah populer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan buku ilmiah popular berbasis hasil penelitian Keragaman Kantong Semar (Nepenthes) Kawasan Hutan di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong”. Uji kevalidan dan kepraktisan dilaksanakan pada tahap Preliminary field testing yang digunakan dalam penelitian pengembangan model Borg and Gall pada tahap uji kevalidan melibatkan dua validator, sedangkan uji kepraktisan melibatkan 30 mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Phanerogamae. Hasil penelitian menunjukan Buku Ilmiah Populer ”Keanekaragaman Jenis Kantong Semar (Nepenthes) di Kawasan Hutan Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong” yang dikembangkan memperoleh kategori sangat valid dan sangat praktis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku ilmiah popular yang disusun dapat digunakan lebih lanjut untuk uji efektivitasnya terhadap proses maupun hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afza, A. (2016). Validitas perangkat pembelajaran biologi berorientasi model problem based learning (PBL) bermuatan karakter. Jurnal BioConcetta, 2(1), 128–141. DOI: http://dx.doi.org/10.22202/bc.2016.v2i1.1492
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asikin, N. (2018). Media pembelajaran berbasis web pada mata kuliah biologi sel: Kajian dari aspek validitas. Pedagogi Hayati, 2(1), 33–37. Retrieved from http://ojs.umrah.ac.id/index.php/pedagogihayati/article/view/271
Danaswari, R. W., Roviati, E., & Kartimi, K. (2013). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 9 Cirebon pada pokok bahasan ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 93-110. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i2.477
Fauzia, S., Hardiansyah, H., & Mahrudin, M. (2022). Kelayakan buku saku elektronik “Mangifera di bantaran sungai Desa Beringin Kencana” sebagai materi pengayaan konsep keanekaragaman hayati. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(2), 96-107. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v14i2.12057
Hafizha, G., Dharmono, D., & Winarti, A. (2022). The practicality of popular scientific books about familia poaceae in mangrove swamps on Sungai Bakau to students' critical thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(1), 104-110. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i1.12224
Hanifah, I. (2020). Peran dan tanggung jawab negara dalam perlindungan hukum tenaga kerja Indonesia yang bermasalah di luar negeri. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 10–23. DOI: https://doi.org/10.30596/dll.v5i1.3303
Harlis, H., & Budiarti, R. S. (2017). Pengembangan bahan ajar praktikum dan instrumen penilaian berbasis keterampilan proses sains pada mata kuliah mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi. BIODIK, 3(2), 102–112. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5501
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Junaidi, F. A., Soendjoto, M. A., & Dharmono, D. (2023). Practicality of popular scientific book on Odonata. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(1), 117-124. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i1.14064
Khairunnas, K. (2018). Inventarisasi tumbuhan kantong semar (Nepenthes sp) di Burni Telong Kabupaten Bener Meriah sebagai referensi matakuliah botani tumbuhan tinggi. (Undergraduate thesis, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh). Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5254/
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Lesman, D. A., Dharmono, D., & Putra, A. P. (2018). The effectiveness of bamboo scientific book in rampah menjangan falls region as material enrichment about biological diversity in generating critical thinking skill for high school students. European Journal of Education Studies, 4(12), 99-109. DOI: http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v0i0.1857
Magdalena, I., Fauziyyah, B. S., Afiani, R., & Fushilat, L. A. (2020). Inovasi teknologi dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di MI Nurul Yaqin. PENSA, 2(3), 408-419. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1017
Mahrudin, M. (2011). Komposisi, struktur dan nilai keterhidupan minimum nepenthes berdasarkan varietas habitat di Kabupaten Tabalong. (Undergraduate thesis, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin).
Oktaviani, L., Fernando, Y., Romadhoni, R., & Noviana, N. (2021). Developing a web-based application for school councelling and guidance during COVID-19 Pandemic. Journal of Community Service and Empowerment, 2(3), 110–117. DOI: https://doi.org/10.22219/jcse.v2i3.17630
Prastowo, A. (2012). Fenomena pendidikan elitis dalam sekolah/madrasah unggulan berstandar internasional. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 31–54. DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2012.11.31-54
Pratiwi, D., Suratno, S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada pokok bahasan sistem pernapasan Kelas XI SMA dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 5–9. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1392
Purwanto, P. (2012). Instrumen penelitian sosial dan pendidikan; Pengembangan dan pemanfaatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, N. H. M. S., Dharmono, D., & Mahrudin, M. (2020). Validitas buku ilmiah populer etnobotani tumbuhan Gliricidia maculata di kawasan hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 12(1), 1–10. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i1.8489
Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. (2022). Validitas e book terintegrasi hands on minds on (homo) pada materi ekologi untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 116–126. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p116-126
Putri, N. H., Syamsurizal, S., Atifah, Y., & Fuadiyah, S. (2021). Booklet Sistem Ekskresi pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 309–314. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38136
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan booklet berdasarkan kajian potensi dan masalah lokal sebagai suplemen bahan ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 162-169. DOI: https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.14224
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto, T. (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Ulandari, T., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet suplemen bahan ajar pada materi protista untuk kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 301–307. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37688
Wahyunah, W., Winarti, A., & Badruzsaufari, B. (2022). Kepraktisan e-handout “Lingkungan lahan basah sekitar” dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(1), 22-30. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v14i1.1359
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v6i1.18711
Article Metrics
Abstract view : 267 timesPDF - 121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |