The Validity of Question Wheel "KARUNIA" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin

Karunia Soliha Septiani, Noorhidayati Noorhidayati, Maulana Khalid Riefani

Abstract


Effective learning is when students are actively involved in the learning process, so they can gain an understanding of the learning process carried out and can improve learning outcomes on the concept of learning. Archaebacteria and Eubacteria are biological concepts that are relatively difficult, abstract, and tend to memorize. Therefore research and development of fun learning media are carried out in the form of a Question Wheel game "KARUNIA". This research and development are to describe the validity of the "KARUNIA" Question Wheel learning media. This type of research is research and development with 4D models. This research is limited to the Develop stage. The results of research and development carried out on the "KARUNIA" Question Wheel learning media on the Archaebacteria and Eubacteria concepts are classified as very valid with a value of 88%.

Abstrak

Pembelajaran yang efektif adalah apabila siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat memperoleh pemahaman dari proses pembelajaran yang dilakukan dan dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep pembelajaran. Archaebacteria dan Eubacteria merupakan konsep Biologi yang relatif sulit, abstrak, dan cenderung menghafal. Maka dari itu dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan berupa permainan Question Wheel “KARUNIA”. Tipe penelitian R&D ini untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran Question Wheel “KARUNIA”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop (pengembangan). Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada media pembelajaran Question Wheel “KARUNIA” pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria tergolong sangat valid dengan nilai 88%.

Keywords


Question Wheel KARUNIA; Learning Media; Validity; Archaebacteria; Eubacteria

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hestari, S. (2016). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Media Pembelajaran Papan Magnetik pada Materi Mutasi Gen. Bioedu. 5(1): 7-13.

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal. 4(2): 128-135.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. 1(2): 66-73.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Biologi. Jakarta

Krisnawati, T. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. 8 (2): 1-7.

Lindayanti. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Roda Putar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Gerak SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Lampung: IAIN Raden Intan.

Mandasari, G. (2016). Penggunaan Media Poster Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SD Inpres Bilonga Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. diakses melalui http://repositori.uin-alauddin.ac.id. pada tanggal 14 Desember 2019.

Nasrullah, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Bantuan Media Papan Putar Terhadap Kemampuan Bertanya Pada Materi Pelajaran Alat Optik Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Malunda. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nisak, F. (2017). Pengembangan Permainan Question Wheel Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Jamur. Bioedu. 5(3): 271-276.

Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. 36(1): 39-40.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1): 19-23.

Pangestika, M. W., & Suyanto, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Kompetensi Dasar Menyelidiki Sifat-Sifat Zat. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1): 56-57.

Pratiwi, D. (2017). Validitas Kartu Bio Quartet Berorientasi Joyful Learning Sebagai Sumber Belajar Untuk Pemantapan Materi Eubacteria Di Kelas X SMA. Bioedu. 6(1): 31-36.

Prayoga, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Macromedia Authorware pada Kelas IV SD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prodi. diakses melalui http://repository.upy.ac.id. pada tanggal 19 Desember 2019

Rahmawati, Y., Ismail, Y., & Anggraeni, D. (2019). Implementasi Kurikulum 2013. Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education. 6(1): 70-79.

Rastya, A. (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding. 8(2): 294-302.

Riefani, M.K. (2019). Pengembangan Handout Keanekaragaman Jenis Capung di Kawasan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tesis, Universitas Lambung Mangkurat. Tidak Dipublikasikan.

Riyana, C. (2008). Konsep Dan Aplikasi Media Pembelajaran. Mercubuana: Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium Untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika. 3(1): 10-15.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2): 86-92.

Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Biologi SMA dengan Menggunakan Modeldirect Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Sains. 1(1): 29-40.

Utami, T., Rusminto, N. E., & Karomani, K. (2015). Kesesuaian Isi dan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Terbitan Kemdikbud. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya. 3(5): 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i1.7883

Article Metrics

Abstract view : 2138 times
PDF - 1441 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License