The Validity of Question Wheel "KARUNIA" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin
Abstract
Abstrak
Pembelajaran yang efektif adalah apabila siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat memperoleh pemahaman dari proses pembelajaran yang dilakukan dan dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep pembelajaran. Archaebacteria dan Eubacteria merupakan konsep Biologi yang relatif sulit, abstrak, dan cenderung menghafal. Maka dari itu dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan berupa permainan Question Wheel “KARUNIA”. Tipe penelitian R&D ini untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran Question Wheel “KARUNIA”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop (pengembangan). Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada media pembelajaran Question Wheel “KARUNIA” pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria tergolong sangat valid dengan nilai 88%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hestari, S. (2016). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Media Pembelajaran Papan Magnetik pada Materi Mutasi Gen. Bioedu. 5(1): 7-13.
Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal. 4(2): 128-135.
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. 1(2): 66-73.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Biologi. Jakarta
Krisnawati, T. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. 8 (2): 1-7.
Lindayanti. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Roda Putar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Gerak SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Lampung: IAIN Raden Intan.
Mandasari, G. (2016). Penggunaan Media Poster Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SD Inpres Bilonga Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. diakses melalui http://repositori.uin-alauddin.ac.id. pada tanggal 14 Desember 2019.
Nasrullah, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Bantuan Media Papan Putar Terhadap Kemampuan Bertanya Pada Materi Pelajaran Alat Optik Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Malunda. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Nisak, F. (2017). Pengembangan Permainan Question Wheel Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Jamur. Bioedu. 5(3): 271-276.
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. 36(1): 39-40.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1): 19-23.
Pangestika, M. W., & Suyanto, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Kompetensi Dasar Menyelidiki Sifat-Sifat Zat. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1): 56-57.
Pratiwi, D. (2017). Validitas Kartu Bio Quartet Berorientasi Joyful Learning Sebagai Sumber Belajar Untuk Pemantapan Materi Eubacteria Di Kelas X SMA. Bioedu. 6(1): 31-36.
Prayoga, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Macromedia Authorware pada Kelas IV SD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prodi. diakses melalui http://repository.upy.ac.id. pada tanggal 19 Desember 2019
Rahmawati, Y., Ismail, Y., & Anggraeni, D. (2019). Implementasi Kurikulum 2013. Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education. 6(1): 70-79.
Rastya, A. (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding. 8(2): 294-302.
Riefani, M.K. (2019). Pengembangan Handout Keanekaragaman Jenis Capung di Kawasan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tesis, Universitas Lambung Mangkurat. Tidak Dipublikasikan.
Riyana, C. (2008). Konsep Dan Aplikasi Media Pembelajaran. Mercubuana: Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium Untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika. 3(1): 10-15.
Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2): 86-92.
Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Biologi SMA dengan Menggunakan Modeldirect Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Sains. 1(1): 29-40.
Utami, T., Rusminto, N. E., & Karomani, K. (2015). Kesesuaian Isi dan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Terbitan Kemdikbud. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya. 3(5): 1-9.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i1.7883
Article Metrics
Abstract view : 2138 timesPDF - 1441 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |