Development of Worksheets for High School Biology Student-Based On Critical Thinking Skills on the Circulation System Concept
Abstract
Abstrak
Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menuntut adanya proses pembelajaran yang mengacu pada pendekatan saintifik. Guru menjadi pusat pembelajaran pada persoalan pendidikan yang terjadi saat ini, peserta didik menerima pembelajaran secara abstrak tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikirnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode desain Tessmer, yang terdiri dari: 1) expert review; 2) one-to-one; dan 3) small group. Subjek penelitian pendapat pakar meliputi dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik. Subjek uji kelompok kecil adalah enam orang peserta didik. Jenis data yang didapatkan meliputi data keefektifan harapan. Hasil didapatkan dari keefektifan harapan berdasarkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori sangat baik (meliputi analisis, inferensi, dan eksplanasi) serta memiliki kategori baik (meliputi interpretasi dan pengaturan diri). Keterampilan interpersonal (bekerjasama) dan keterampilan intrapersonal (teliti) peserta didik memiliki kategori sangat baik dengan skor keterampilan interpersonal dan keterampilan intrapersonal 86,33%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. & Sriwiyana. H. (2010). Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Astuti, P., Purwoko, P. & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika di kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145-155.
Daryanto, D & Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction "The Delphi Report" Executive Summary. California: The California Academic Press.
Hairiani, Kaspul & Zaini, M. (2016). Keterampilan Proses & Keterampilan Kinerja Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Dalam Pembelajaran Konsep Sistem Sirkulasi Melalui Penelitian Pengembangan Lembar Kerja Siswa. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah, (Vol. 2, pp. 719-724).
Kusnandar (2008). Langkah-langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Potensi Guru. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Lestari, I. L., Utami, B., & Budhiretnani, D. A. (2015). Improving Critical Thinking Ability and Scientific Attitude Students through the Combine Methods of Inquiry and Reciprocal Teaching on the Material Excretion Systemat 11th Natural Science 5 Class Senior High School 7 Kediri Academic Year 2014-2015. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 276-280).
Mayasari, H., Syamsurizal, & Maison. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edu-Sains, 4(2), 30-36.
National Research Council. (2011). Assessing 21st Century Skills: Summary of a Workshop. J.A. Koenig, Rapporteur. Committee on the Assessment of. 21st Century Skills. Board on Testing and Assessment, Division of Behavioral and Social Science and Education. Washington, DC: The National Academic Press.
Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89-96.
P21. (2007a). The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.
Permatasari, B., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis POE Untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum & Impuls SMA. Abstract. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 6(1).
Plomp, T., & Nieveen, N. M. (2007). An Introduction to educational design research: Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007. Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO).
Rachman, F.A., Ahsanunnisa, R. & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Materi Kelarutan & Hasil Kali Kelarutan Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA. Alkimia, 1(1), 16-25.
Suryawati, E., Almansyahnis, Hamzah, A. & Hayati, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Biologi SMA Berbasis Pendekatan Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2).
Susilowati, S., Saji&, S. & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 223-231).
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations; Improving the quality of education and training. London. Kogan.
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 134-141).
Zaini, M. & Jumirah, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Ekologi Terhadp Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 39-47.
Zulyusri, Z., Sumarmin, R. & Miswati, M. (2017). Pengembangan Soal Biologi Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1. Bioeducation, 1(1), 88-94.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i1.7980
Article Metrics
Abstract view : 1376 timesPDF - 1475 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |