The Development of Learning Tools for Animalia Concept Based on Guided Inquiry Model in High School Grade X
Abstract
Learning tools are instruments or equipment to carry out the learning process, worksheets, media, methods, and assessment rubric that will be used by the educators and students in their learning activities. This research aims to describe the validity of Model Learning Device Development Guided Inquiry on Animalia Concepts in Class X High School. The method that used in this research is Evaluation Development Research (EDR) through Tessmer Formative Evaluation which is limited only to expert validation. This type of research is a research development to produce products in the form of Syllabus, Lesson plan, worksheet, and valid Teaching Materials. The results showed that: 1) The validity of the syllabus developed based on expert tests has a very valid category, namely 100%, 2) The validity of the lesson plans that are developed based on expert test has a very valid category, namely: 92.19%, 3) Validity of worksheet developed based on test experts have a very valid category, namely 92.5%, and 4) validity on teaching materials developed based on expert tests have very valid category that is 92.56%.
Abstrak
Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses pembelajaran, lembar kerja, media, metode, dan rubrik penilaian yang akan digunakan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Animalia pada SMA Kelas X. Metode penelitian yang digunakan yaitu Evaluation Development Research (EDR) melalui Evaluasi Formatif Tessmer yang dibatasi hanya sampai validasi ahli (Expert Validation). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKDP), dan Bahan Ajar yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas terhadap silabus yang dikembangkan berdasarkan uji pakar memiliki kategori sangat valid yaitu 100%, 2) Validitas RPP yang dikembangkan berdasarkan uji pakar memiliki kategori sangat valid yaitu 92.19%, 3) Validitas terhadap LKPD yang dikembangkan berdasarkan uji pakar memiliki kategori sangat valid yaitu 92.5%, dan 4) validitas terhadap bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan uji pakar memiliki kategori sangat valid yaitu 92.56%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya
Amri and Ahmadi. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Depertemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Dewi, K. Sadia, W. and Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). 1-11
Fadilah, R. E., Suratno, S., and Wahyuni, D. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Manusia Berbasis Peta Konsep pada Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 4(3), 41-50.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia
Jaya, I. M., Sadia, I. W. and Amyana, I. B. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guided Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). 1-12
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 68 Tahun 2014 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Lissa, Prasetyo, A. P. B., and Indriyani, D. R. P (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi Dan Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1), 27-32
Ni’mah, Khairatun. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 6 Banjarmasin 9 pada Pembelajaran Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Universitas lambung mangkurat: Banjarmasin.
Nurfadila, N. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA negeri 3 Sinjai Selatan. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Plomp, T. and Nieveen, N. M. (2007). An Introduction To Educational Design Research: Proceedings Of The Seminar Conducted At The East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26. Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO).
Qomariah, L. (2014) Penerapan Pembelajaran Melalui Pendekatan Ilmiah Untuk Meningkatkan Sikap, Pengetahuan , dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 3 Malang pada Materi Kingdom Animalia. Jurnal Online Universitas Malang, 2(2), 1-13.
Riyani, Y. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Jurnal Eksos, 8(1), 19-25.
Saputra, Z. A. H., Yuanita, L. and Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1218-1223.
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana, Jakarta.
Sugiyono, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RandD. Bandung: Alfabeta.
Tessmer, M. (1998). Planning And Conducting Formative Evaluations; Improving The Quality Of Education And Training. London: Kogan.
Wulandari, Retno. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA PGRI 7 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018/2019 pada Pembelajaran Sub konsep Vertebrata Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Kooperatif Tipe Numbered Together (NHT). Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat: Banjarmasin.
Zaini, M., Amintarti, S., Ajizah, A., Nadhira, D. M., Hariati, M., & Hidayati, H. (2019). Student Worksheets Microbial Concepts Based On Urban Wetlands to Improve Critical Thinking Skills at High School Levels. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 53-63.
Zaini, M., & Hidayati, N. (2020). Keefektivan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penelitian Berbasis Perancangan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 74-82.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i2.9977
Article Metrics
Abstract view : 572 timesPDF - 292 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |