Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan Auditory Intellectual Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Kooperatif

Viky Fatmawati, Sri Hartini, Abdul Salam

Abstract


Pola pembelajaran yang didominasi guru berdampak pada rendahnya aktivitas siswa belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas X-2 SMA PGRI 2 Banjarmasin menggunakan pendekatan Auditory Intellectual Repetition (AIR) dalam pembelajaran kooperatif. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 3 siklus, dua pertemuan tiap siklusnya yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA PGRI 2 Banjarmasin yang berjumlah 29 orang. Data diperoleh melalui observasi dan tes kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari siklus I sampai III sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan RPP secara keseluruhan dari siklus I sampai siklus III diperoleh kriteria sangat baik; 2) Skor aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kriteria cukup menjadi aktif pada siklus III, yaitu 2,35; 2,72 dan 3,20; dan 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan siklus I ketuntasan siswa sebesar 31,03%, siklus II dan III menjadi 51,72% dan 80,08%, sehingga pada siklus III dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Diperoleh simpulan bahwa penggunakan pendekatan AIR dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA PGRI 2 Banjarmasin.

Keywords


Pendekatan AIR, pembelajaran kooperatif, aktivitas

Full Text:

PDF

References


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Atkin, J. M., Black, P., & Coffey, J. (2001). Classroom assessment and the national science standards. In 2010. National Academies Press. Retrieved May, 1 (Ed.), Unless otherwise indicated, all materials in. . Washington, DC.

Dirman, D., & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, A. (2014). Penerapan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Pertidaksamaan di Kelas X-C SMAN 1 Kauman Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 30–35.

Fatmawati, A. (2014). Penerapan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Pertidaksamaan di Kelas X-C SMAN 1 Kauman Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 30–35.

Fitriani, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan AIR (Auditory Intellectually Repe-tition) Setting Kooperatif Tipe NHT. Journal of Mathematics Education, 1, 28–35.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2012). Colaborative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media.

Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 128–133.

Megasari, T., Sripatmi, S., & Kurniati, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan AIR (Auditory Intellectual Repe-tition) Pada Materi Pokok Fungsi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 18 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pijar MIPA, 7(1), 1–42.

Megasari, T., Sripatmi, S., & Kurniati, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan AIR (Auditory Intellectual Repetition) Pada Materi Pokok Fungsi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 18 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pijar MIPA, 7(1), 1–42.

Muspawi, M. (2014). Profesionalitas Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 17(1), 57–62.

Putri, R. A., Mastuang, M., & Salam, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan FisikaIlmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 169–185.

Rusiati, R., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Suhu dan Kalor Di Smk Farmasi ISFI Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 220–229.

Samani, S., & Hariyanto, H. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Septina, H., Hartini, S., & Suyidno, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 62–69.

Setyawanto, A., Sunaryo H, S., & Basuki, I. A. (2013). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP Di Kota Malang. Artikel Skripsi Sarjana Pendidikan, 1–11.

Slavin, E. R. (2010). Pembelajaran Kooperatif: Teori, riset dan Praktek. Bandung: Nusa.

Slavin, R. E. (1996). Research For The Future Research on Cooperative Learning and Achievement : What We Know , What We Need to Know. Contemporary Educational Psychology Article, 21(4), 43–69.

Syahliani, M., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Inte-lectually Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 213–221.

Tirtarahardja, T., & Sulo, S. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Vingki, L., An’nur, S., & Salam, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 73–81.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, S., & E., P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pandidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats