Analysis of students' digital literacy ability in the Spermatophyta course

Salwa Rezeqi, Erina Saputri Ritonga, Siti Liza Khairani

Abstract


The background of this research is that students are not fully able to apply digital literacy in the learning process in the Spermatophyta course. This is due to low knowledge and lack of student initiative to find out about applications to identify species or plants. This study aims to determine the digital literacy skills of Biology Education students at Medan State University in the Spermatophyta course. The population in this study were all students of the Biology Education Study Program, Medan State University, semester IV, totaling 142 students. The sample of this research is 105 students with random sampling technique. The research approach used in this study is a mixed method which combines quantitative and qualitative approaches. The type of research used is descriptive research. The research approach used is a mixed methods approach that combines quantitative and qualitative approaches. The research instrument used was a self-assessment questionnaire and semi-structured interviews. The results showed that digital literacy skills in Biology Education were in the very good category 81.30. Student abilities are very good in content creation, communication, collaboration, information but for critical thinking skills, evaluation and operational skills are good.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang belum sepenuhnya mampu menerapkan literasi digital dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Spermatophyta. Hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan dan kurangnya inisiatif siswa untuk mencari tahu tentang aplikasi untuk mengidentifikasi spesies atau tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan pada mata kuliah Spermatophyta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan semester IV yang berjumlah 142 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 105 mahasiswa dengan teknik random sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mixed method) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian yang digunakan adalah survei laporan diri (self-assessment kuesioner) dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital Pendidikan Biologi dalam kategori sangat baik 81,30. Kemampuan mahasiswa sangat baik dalam pembuatan konten, komunikasi, kolaborasi, informasi namun untuk kemampuan berpikir kritis, mengevaluasi dan keterampilan operasional tergolong baik.


Keywords


Student ability; Digital literacy; Biology course; Spermatophytes

Full Text:

PDF

References


Anika, D., M. (2021). Persepsi mahasiswa STKIP Singkawang terhadap penggunaan e-learning berbasis Zoom Meeting. Jurnal Inovasi Penelitian, 8(1), 1637-1646. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.305

Arbianto, U. F., Widiyanti, W., & Didik, N. (2019). Kesiapan Technological, Pedagogical and Content Knowledge Readiness (TPACK) calon guru bidang teknik di Univerasitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran, 1(2), 1-9. DOI: https://doi.org/10.17977/um054v1i2p1-9

Dinata, N. Y. (2013). Penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa teknik gambar bangunan SMK N 1 Seyegan pada mata pelajaran menggambar dengan Autocad. (Master’s Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta).

Gilster, P. (1997). Digital literacy. New York: Wiley.

Hapsari, N. S. (2014). Keterampilan kerjasama saat diskusi kelompok siswa kelas XI IPA pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Unesa Journal of Chemistry Education, 3(2), 181-188. DOI: https://doi.org/10.26740/ujced.v3n2.p%25p

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51-56. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Husain, T. (2019). Analisis layanan google scholar sebagai bahan referensi terhadap kepuasan mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 69-75. DOI: https://doi.org/10.31937/si.v10i1.1086

Jamridafrizal, J. (2017). Online google book sebagai perpustakaan digital alternatif masa depan. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 189-199 DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v2i2.1255

Kahar, A. P. (2018). Analisis literasi digital mahasiswa calon guru biologi melalui proyek video amatir berbasis potensi lokal pada mata kuliah ekologi tumbuhan. Pedagogi Hayati, 2(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.31629/ph.v2i1.330

Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (Revolusi Industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662

Mantovanny, M. T., Ambros L. E. & Petrus, R. (2019). Kemampuan bermedia dan daya kritis para mahasiswa di Kabupaten Manggarai-Flores. Jurnal Sosial dan Buday Sar-I, 6(2), 129-140. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.11029

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159. DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588

Perdana, R., Riwa, Y., Jumadi, J. & Dadan, R. (2019). Assessing students' digital literacy skills at Yogyakarta high school. Indonesian Journal of Education, 8(2), 169-177. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17168

Purdy, S. J. (2017). Internet use and civic engagement: A structural equation approach. Computers in Human Behavior, 71, 318-326. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.02.011

Rifa’i, M. R., Kurniawan, R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi mahasiswa menggunakan aplikasi plannet pada mata kuliah klasifikasi makhluk hidup. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.4

Sentoso, A., Aura, W., Jacky, J., Octavia, O., Steven, V., & Su, T. (2021). Pentingnya literasi di era digital bagi masa depan bangsa. Journal Universitas Internasional Batam, 3(1), 767-776. DOI: http://dx.doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.6017

Sinta, S. & Hera, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Microsoft Power Point untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa kelas X pada materi virus di SMA Swasta Darul Aitami Meureubo. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 80-90. DOI: https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.223

Sugandi, M. K., Rasyid, A., Gaffar, A. A., & Sugianto, S. (2020, November). Aplikasi plantnet sebagai media identifikasi morfologi daun berbasis android di masa AKB. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 769-777), FKIP Universitas Majalengka. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/388

Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. London: Alphabet.

Sumintono, B., Wibowo, S. A., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran: Survei pada guru-guru sains SMP di Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 122-131. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/11801839.pdf

Widiyono, A. (2021, May). Penerapan aplikasi kinemaster dalam pembelajaran IPA melalui LMS pada mahasiswa Prodi PGSD. In Prosiding Seminar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya (No. 3, pp. 12-21), IAHN Tampung Penyang Palangka Raya. DOI: https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.99

Wisanti, W., Prastiwi, M. S., & Indah, N. K. (2012). Profil perangkat pembelajaran taksonomi tumbuhan tinggi berbasis proyek untuk melatih mahasiswa berpikir kreatif. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 9, No. 1, pp. 241-249), Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1085

Yusup, M., Qurotul, A., & Komala, D. P. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal (TMJ), 1(1), 126-138. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Zaini, M., Amintarti, S. R. I., Ajizah, A., Nadhira, D. M., Hariati, M., & Hidayati, H. (2020). Student worksheets microbial concepts based on urban wetlands to improve critical thinking skills at high school levels. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 53-63. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i1.8154




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v6i1.16646

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License